Rabu, 31 Januari 2018

Konsumsi Alkohol Dapat Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Mengetahui gejala dan melakukan deteksi dini kanker payudara itu penting. Namun, selain itu, asupan makanan dan minuman yang Anda konsumsi sama pentingnya. Ada beberapa jenis makanan atau minuman yang mengandung zat yang dapat mempengaruhi perkembangan sel kanker payudara dan itu bisa membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Dokter Ahli Bedah Konsultan Onkologi, dr. M. Yadi Permana, Sp. B (K) Onk. Dalam acara Pisahkan Kanker di Jakarta, pada 29 Januari 2018, ia mengungkapkan cara melancarkan haid makanan apa yang harus dikonsumsi dan bagaimana cara menghindari kanker payudara terkait: "Konsumsi buah dan sayuran, terutama sayuran hijau dapat mengurangi risiko kanker payudara," katanya. .

Berikut ini harus dikonsumsi menrut dr. Yadi membantu mengurangi risiko kanker payudara.

1. Bayam
Salah satu sayuran hijau ini mengandung serat mentah, yang mengandung karotenoid dan nitrosamin yang bisa membantu mengurangi risiko kanker payudara.

2. Brokoli
Sayuran ini dikenal sebagai sayuran yang melawan kanker karena mengandung enzim glucoraphanin.

3. Tomat
Ini adalah tanaman yang kaya akan sumber antioksidan dan lycopene, yang bisa melindungi tubuh dari berbagai sel kanker. Tomat juga mengandung vitamin C yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Apple
Buah ini memiliki kandungan glukoronat sehingga bisa menghambat perkembangan sel kanker sehingga pasien mulai dapat mencapai kondisi perkembangan yang lebih baik. Bekerja sama dengan phytochemicals yang mampu mengikat kolesterol baik, yang secara optimal mendukung metabolisme.

5. Blueberry
Ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Setelah mengetahui apa yang harus dikonsumsi, makanan atau minuman berikut harus dihindari karena bisa memicu pertumbuhan sel kanker payudara.

1. Makanan yang mengandung karbohidrat
Tidak sama sekali, Anda harus menghindari makanan yang mengandung karbohidrat, namun harus diingat bahwa dosis konsumsi karbohidrat harus dibatasi agar tidak melebihi tubuh. Karena karbohidrat dalam tubuh bisa diubah menjadi sel lemak dan menyebabkan obesitas. Obesitas merupakan salah satu faktor risiko kanker.

2. Makanan dimasak dengan cara pembakaran
Anda mungkin menyukai bagian luar fase dan siklus menstruasi makanan yang menghitam makanan yang dibakar. Namun, tahukah Anda bahwa bagian yang berkarbonisasi menghasilkan senyawa kuinon dan benzopen dan memiliki zat radikal bebas yang merangsang pertumbuhan kanker?

3. Alkohol
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyebut alkohol sebagai karsinogen yang merupakan unsur yang bisa menyebabkan kanker. Kebiasaan mengonsumsi alkohol bisa meningkatkan risiko kanker payudara minimal 5 persen, terutama pada wanita. Ini karena konsumsi alkohol bisa memicu peningkatan hormon estrogen dalam tubuh. Kelebihan hormon estrogen bisa memicu timbulnya kanker payudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar